Assign modules on offcanvas module position to make them visible in the sidebar.

  1. Pendahuluan

 

  1. A. Bank adalah lembaga intermediasi yang dalam menjalankan kegiatan usahanya bergantung pada dana masyarakat dan kepercayaan baik dari dalam maupun luar nege Dalam  menjalankan kegiatan usaha tersebut   bank  menghadapi   berbagai risiko,    baik    risiko    kredit,    risiko    pasar,  risiko    operasional  maupun    risiko reputasi.   Banyaknya ketentuan yang mengatur sektor perbankan dalam rangka melindungi kepentingan masyarakat, termasuk ketentuan yang mengatur kewajiban untuk memenuhi  modal  minimum  sesuai  dengan  kondisi  masing-masing  bank, menjadikan sektor  perbankan  sebagai sektor  yang  “highly  regulated”.

 

  1. Krisis perbankan  di  Indonesia   yang dimulai  akhir  tahun  1997  bukan  semata- mata diakibatkan oleh krisis ekonomi, tetapi juga diakibatkan oleh belum dilaksanakannya   good   corporate   governance   dan   etika   yang   melandasinya. Oleh  karena  itu,  usaha  mengembalikan   kepercayaan   kepada  dunia  perbankan Indonesia   melalui   restrukturisasi   dan   rekapitalisasi   hanya   dapat   mempunyai dampak   jangka  panjang  dan  mendasar   apabila  disertai  tiga  tindakan  penting lain  yaitu  :  (i)  Ketaatan  terhadap  prinsip  kehati-hatian;  (ii)  Pelaksanaan  good corporate    governance;    dan    (iii)    Pengawasan    yang    efektif    dari    Otoritas Pengawas  Bank.

 

  1. C. Pelaksanaan good corporate  governance  (GCG)  sangat  diperlukan  untuk membangun   kepercayaan   masyarakat   dan   dunia   internasional   sebagai   syarat mutlak  bagi  dunia  perbankan  untuk  berkembang  dengan  baik  dan  seha   Oleh karena   itu   Bank   for   International   Sattlement   (BIS)   sebagai   lembaga   yang mengkaji    terus    menerus    prinsip    kehati-hatian    yang    harus    dianut    oleh perbankan,   telah  pula  mengeluarkan   Pedoman   Pelaksanaan   GCG   bagi  dunia perbankan secara  internasional.  Pedoman  serupa  dikeluarkan pula  oleh  lembaga- lembaga  internasional  lainnya.

  1. D. GCG mengandung   lima   prinsip   utama   yaitu   keterbukaan (transparency), akuntabilitas (accountability), tanggung jawab (responsibility), independensi (independency)   serta  kewajaran     (fairness),     dan     diciptakan     untuk     dapat melindungi  kepentingan  semua  pihak  yang  berkepentingan  (stakeholders).

 

  1. Pengaturan dan implementasi  GCG memerlukan  komitmen dari top   management dan           seluruh    jajaran  organisasi.     Pelaksanaannya     dimulai    dari    penetapan kebijakan   dasar   (strategic   policy)   dan   kode   etik   yang   harus dipatuhi oleh semua pihak dalam perusahaan. Bagi perbankan   Indonesia,   kepatuhan   terhadap kode   etik   yang   diwujudkan   dalam   satunya   kata   dan   perbuatan,   merupakan faktor  penting  sebagai  landasan  penerapan  GCG.

 

  1. F. Berdasarkan  pertimbangan   di   atas   dan   tingginya tingkat   kompleksitas   serta risiko bisnis perbankan, Komite Nasional Kebijakan Corporate Governance memandang perlu untuk mengeluarkan Pedoman Good Corporate Governance Perbankan  Indonesia  (Indonesian  Banking  Sector  Code)  sebagai  pelengkap  dan bagian  tak  terpisahkan  dari  Pedoman  Umum  GCG.  Perbankan dalam  pedoman ini   meliputi   bank   umum   dan   BPR   yang   dijalankan   secara   konvensional maupun  sy

  1. Prinsip Good Corporate Governance

 

Sebagai lembaga intermediasi dan lembaga kepercayaan, dalam melaksanakan kegiatan usahanya  bank harus menganut  prinsip  keterbukaan  (transparency),  memiliki  ukuran kinerja dari semua jajaran bank berdasarkan ukuran-ukuran yang konsisten dengan corporate  values,  sasaran usaha dan strategi bank sebagai  pencerminan  akuntabilitas bank (accountability), berpegang  pada  prudential  banking  practices  dan  menjamin dilaksanakannya   ketentuan   yang   berlaku sebagai wujud tanggung-jawab bank (responsibility), objektif dan bebas dari tekanan pihak manapun dalam pengambilan keputusan (independency), serta senantiasa memperhatikan kepentingan seluruh stakeholders berdasarkan azas kesetaraan  dan kewajaran (fairness).  Dalam  hubungan dengan  prinsip  tersebut  bank  perlu  memperhatikan  hal-hal  sebagai  berikut  :

 

  1. A. Keterbukaan (Transparency)

 

  1. Bank harus  mengungkapkan  informasi  secara  tepat  waktu,  memadai,  jelas, akurat dan dapat diperbandingkan serta mudah diakses oleh stakeholders  sesuai dengan  haknya.

 

  1. Informasi yang harus diungkapkan meliputi tapi tidak terbatas pada hal-hal yang bertalian dengan visi, misi, sasaran usaha dan strategi perusahaan, kondisi keuangan, susunan  dan  kompensasi  pengurus,  pemegang  saham  pengendali, cross shareholding, pejabat eksekutif, pengelolaan risiko (risk management), sistem pengawasan dan pengendalian   intern, status kepatuhan, sistem dan pelaksanaan    GCG  serta  kejadian  penting  yang  dapat  mempengaruhi  kondisi bank.
  2. Prinsip   keterbukaan   yang   dianut   oleh   bank   tidak   mengurangi   kewajiban untuk              memenuhi     ketentuan     rahasia     bank    sesuai    dengan     peraturan perundang-undangan  yang  berlaku, rahasia jabatan, dan hak-hak pribadi.

 

  1. Kebijakan bank harus tertulis dan dikomunikasikan kepada pihak yang berkepentingan (stakeholders)   dan  yang  berhak     memperoleh     informasi tentang  kebijakan  tersebut.

 

  1. B. Akuntabilitas (Accountability)

 

  1. Bank   harus   menetapkan   tanggung   jawab   yang   jelas   dari   masing-masing organ organisasi yang selaras dengan visi, misi, sasaran usaha dan strategi perusahaan.

 

  1. Bank  harus   meyakini   bahwa   semua   organ   organisasi   bank   mempunyai kompetensi   sesuai   dengan   tanggung   jawabnya   dan   memahami   perannya dalam  pelaksanaan  GCG.

 

  1. Bank  harus   memastikan   terdapatnya   check   and   balance   system   dalam pengelolaan  bank.

 

  1. Bank harus  memiliki  ukuran  kinerja  dari  semua  jajaran  bank  berdasarkan ukuran-ukuran                            yang     disepakati     konsisten     dengan     nilai     perusahaan

(corporate  values),  sasaran  usaha dan  strategi  bank serta memiliki  rewards and  punishment  system.

 

  1. C. Tanggung Jawab  (Responsibility)

 

  1. Untuk menjaga kelangsungan  usahanya, bank  harus  berpegang  pada  prinsip kehati-hatian (prudential banking practices) dan menjamin dilaksanakannya ketentuan  yang  berlaku.
  2. Bank  harus   bertindak   sebagai   good   corporate   citizen   (perusahaan   yang baik)   termasuk   peduli   terhadap   lingkungan   dan   melaksanakan  tanggung jawab sosial.

 

  1. D. Independensi (Independency)

 

  1. Bank harus menghindari terjadinya dominasi yang tidak wajar oleh stakeholder manapun dan  tidak  terpengaruh  oleh  kepentingan  sepihak  serta  bebas  dari benturan kepentingan (conflict of interest).

 

  1. Bank dalam mengambil keputusan harus obyektif dan bebas dari segala tekanan dari pihak manapun.

 

  1. Kewajaran (Fairness)

 

  1. Bank   harus   senantiasa   memperhatikan   kepentingan   seluruh   stakeholders

berdasarkan azas kesetaraan  dan kewajaran  (equal treatment).

  1. Bank harus   memberikan kesempatan kepada seluruh stakeholders untuk memberikan  masukan  dan  menyampaikan  pendapat  bagi  kepentingan    bank serta mempunyai akses terhadap informasi sesuai dengan prinsip keterbukaan.

III.   Governance  Structure

 

  1. A. Pemegang Saham

 

Dari   sudut   hukum,   pemegang   saham   bank   mempunyai   hak   dan   kewajiban yang    sama    dengan    pemegang    saham    perusahaan    di sektor  lain.     Namun demikian  dalam  rangka  melindungi  kepentingan  deposan,  penabung,  pemegang giro  dan  kreditur  lain  sebagai  penyedia  dana  terbesar  dalam  bank  serta  sesuai dengan     ketentuan     dalam    Undang-undang     Perbankan,     terdapat     beberapa kekhususan    yang  perlu  diperhatikan  dan    dilaksanakan  oleh  pemegang    saham bank  yaitu  :

 

  1. Pemegang   saham   pengendali   bank   harus   memenuhi   syarat   dan   lulus   fit and  proper  test  dari  Otoritas  Pengawas  Bank sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

  1. Pemegang   saham  bank   mempunyai   hak  untuk memperoleh perlakuan yang sama sehingga dapat  :

2.1.   Memberikan    suara   dan   memperoleh    dividen   sesuai   dengan   porsi kepemilikannya.

2.2.   Memperoleh   data  dan  informasi   yang  diperlukan   secara  akurat  dan

tepat  waktu.

 

  1. Pemegang  saham   bank   hendaknya   menggunakan   haknya   untuk   memilih anggota                Dewan   Komisaris    dan   Direksi   yang   berintegritas    tinggi   dan mampu  mengelola  serta  mengendalikan  bank  secara  sehat.

 

  1. Pemegang  saham pengendali  harus dapat   memenuhi   kebutuhan  modal bank sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

  1. Pemegang  saham     bank     yang     tidak     mampu     memenuhi     kebutuhan permodalan  bank  harus  bersedia  untuk  melepaskan  hak  dan  atau  sahamnya kepada  pihak  yang  mempunyai  kemampuan  dan  atau  menyetujui  banknya untuk  digabungkan  atau dileburkan dengan  bank  lain.

 

  1. Pemegang  Saham    bank    hendaknya  melaksanakan  GCG    sesuai    dengan wewenang  dan  tanggung  jawabnya.

 

  1. Pemegang  saham   bank   dilarang   memanfaatkan   bank   untuk   kepentingan pribadi, keluarga, perusahaan atau   kelompok   usahanya dengan semangat dan cara yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan   dan  kewajaran di  bidang  perbankan.

 

  1. Pemegang  saham   dilarang   mencampuri   kegiatan   operasional   bank   yang merupakan tanggung jawab Direksi.

 

 

 

  1. B. Dewan Komisaris dan  Direksi

 

  1. Hubungan  kerja  Dewan  Komisaris  dan  Direksi

 

Hubungan    kerja   Dewan   Komisaris   dan   Direksi   adalah   hubungan   check and  balances  dengan  tujuan  akhir  untuk  kemajuan  dan  kesehatan  bank. Oleh  karena  itu  maka   :

 

1.1.   Dewan   Komisaris    dan   Direksi   sesuai   dengan   fungsinya   masing- masing  mempunyai  tanggung  jawab  untuk menjaga kelangsungan usaha bank dalam jangka panjang yang tercermin pada :

  1. Terpeliharanya kesehatan   bank  sesuai  dengan   prinsip kehati-hatian dan kriteria  yang  ditetapkan  oleh  Otoritas  Pengawas  Bank.
  2. Terlaksananya   dengan  baik pengendalian internal  (internal  control)

dan  manajemen  risiko.

  1. c. Tercapainya  imbal hasil (return)  yang  wajar  bagi  pemegang  saham.    Terlindunginya  kepentingan  stakeholders  secara  wajar.
  2. Terpenuhinya pelaksanaan  GCG.
  3. Terlaksananya  suksesi   kepemimpinan   dan   kontinuitas   manajemen di  semua  lini  organisasi.

 

1.2.   Untuk   dapat   memenuhi   tanggung   jawab   tersebut   dan   melaksanakan check   and   balances     sesuai   dengan   ketentuan   perudang-undangan yang  berlaku, maka  Dewan  Komisaris  dan  Direksi bank perlu  bersama- sama  menyepakati  hal-hal  tersebut  dibawah  ini.

  1. Visi,  misi  dan  corporate  values.
  2. Sasaran Usaha,  strategi,  rencana  jangka  panjang  maupun  rencana kerja  dan  anggaran  tahunan.
  3. Kebijakan dalam memenuhi ketentuan  perundang-undangan, anggaran dasar dan   prudential   banking   practices   termasuk komitmen untuk menghindari segala bentuk benturan kepentingan (conflict  of  interest).
  4. Kebijakan dan metode penilaian kinerja perusahaan,   unit-unit   dalam organisasi  bank  dan  personalianya.
  5. Struktur organisasi ditingkat eksekutif yang mampu mendukung tercapainya sasaran usaha  perusahaan.

 

1.3.   Para  anggota  Dewan  Komisaris  dan  Direksi  berhak  memperoleh paket remunerasi  sesuai    dengan    kondisi  pasar    yang    berlaku.  Bentuk  dan jumlah paket remunerasi diungkapkan secara transparan dalam laporan tahunan.  Bagi  bank  yang  sahammya  telah  tercatat  di  bursa  dan  bank- bank   yang   besar,   proses   penetapan   jumlah   paket   remunerasi   oleh RUPS dilakukan  melalui  Remuneration  Committee.

 

 

 

  1. Dewan  Komisaris

 

Secara   hukum   Dewan   Komisaris   bertugas   melakukan   pengawasan   dan memberikan nasehat kepada Direksi. Dewan Komisaris dalam melaksanakan tugasnya   harus   mampu       mengawasi       dipenuhinya   kepentingan   semua stakeholders  berdasarkan  azas kesetaraan. Bagi bank sebagai lembaga intermediasi dan lembaga kepercayaan   yang   “highly   regulated”, pengaturan mengenai Dewan Komisaris hendaknya memenuhi  pula  hal-hal sebagai berikut

:

 

2.1.   Anggota   Dewan   Komisaris   dipilih   dan   diberhentikan   oleh   RUPS melalui  proses  yang  transparan.      Bagi    bank  yang    sahamnya    telah tercatat   di   bursa   dan   bank-bank   yang   besar, proses   pemilihan   dan pemberhentian  anggota     Dewan     Komisaris     dilakukan  oleh     RUPS melalui  Nomination  Committee.

2.2.   Anggota   Dewan   Komisaris   wajib   memenuhi   syarat   kompetensi dan

integritas serta lulus fit  and  proper  test  dari  Otoritas  Pengawas  Bank.

2.3.   Dewan  Komisaris  diketuai  oleh  Presiden  Komisaris  yang  bertanggung jawab terhadap terlaksannya tugas Dewan Komisaris secara efektif dan efisien serta terpeliharanya efektifitas komunikasi antara Dewan Komisaris dengan Direksi, auditor eksternal dan Otoritas Pengawas Bank.

2.4. Dewan   Komisaris   berkewajiban   melakukan tindak lanjut dari hasil pengawasan  dan rekomendasi  yang diberikan  terutama dalam hal terjadi penyimpangan  dari ketentuan  perundang-undangan,  anggaran  dasar,  dan prudential banking practices.

2.5.   Dewan   Komisaris   wajib  memiliki   Tata  Tertib  Kerja  yang  mengikat

dan  ditaati  oleh  semua  anggotanya.

2.6.   Bank  harus  mempunyai  Komisaris  Independen  sesuai  dengan  ketentuan yang berlaku.

2.7.   Bagi  bank  yang  sahamnya    telah  tercatat  di bursa  dan bank-bank  yang besar, diharuskan memiliki   Audit   Committee,   Nomination   Committee, Remuneration  Committee  dan  Risk  Policy  Committee. Bagi  bank-bank lain  disesuaikan  dengan  kebutuhan.

2.8.   Anggota Dewan Komisaris  bank   dilarang   memanfaatkan   bank   untuk kepentingan                       pribadi,  keluarga,  perusahaan  atau    kelompok    usahanya dengan semangat dan cara yang bertentangan dengan peraturan perundang- undangan  dan  kewajaran  di  bidang  perbankan.

2.9.   Dalam   hal anggota   Dewan   Komisaris   memperoleh   fasilitas   di luar remunerasi,   maka   hal   tersebut   harus   diungkapkan   (disclose)   dalam laporan  tahunan.

2.10. Anggota     Dewan     Komisaris  harus  mengungkapkan     kepada     bank, kepemilikan  sahamnya,  baik  saham  bank  maupun  perusahaan  lain.

2.11. Anggota   Dewan   Komisaris   secara  hukum  bertanggung   jawab  sesuai dengan                ketentuan    Undang-undang  Perseroan    Terbatas  atau  undang- undang yang   berlaku bagi pendirian bank bersangkutan, Undang-undang Perbankan  dan  Anggaran  Dasar  Bank.

 

  1. Direksi

 

Sesuai      dengan   ketentuan   perundang-undangan yang berlaku, Direksi bertanggung   jawab   penuh   atas   kepengurusan   perusahaan  serta   mewakili perusahaan baik  di dalam  maupun  di  luar  pengadilan.  Cara  pengangkatan, hak  dan  kewajiban  serta  hal-hal  lain  yang  bertalian  dengan  Direksi  harus tunduk    pada    anggaran  dasar  perusahaan.    Namun    demikian    pengaturan tentang   Direksi   suatu   bank   sebagai   lembaga   intermediasi   dan   lembaga kepercayaan   yang   “highly   regulated”   perlu   memperhatikan   pula   hal-hal tersebut  di bawah  ini  :

3.1.   Anggota   Direksi dipilih   dan diberhentikan oleh RUPS   melalui   proses yang   transparan.    Bagi  bank yang  sahamnya   telah  tercatat   di  bursa dan        bank-bank    yang    besar,    proses    pencalonan,    pemilihan    dan pemberhentian anggota   Direksi   dilakukan   melalui   Nomination Committee.

3.2.   Anggota   Direksi   harus memenuhi   syarat   kompetensi   dan   integritas serta lulus  fit  and proper  test  dari  Otoritas  Pengawas  Bank.

3.3.   Direksi   diketuai   oleh   Presiden   Direktur   yang   bertanggung   jawab terhadap pelaksanaan   fungsi   kepengurusan   bank    secara   efektif   dan efisien.  Presiden  Direktur  juga  berkewajiban   untuk  membuat  Direksi sebagai  lembaga  kolegial yang  mampu  bekerja  secara  transparan  dan masing-masing  anggota  dapat  berperan  sebagai  anggotan  tim  maupun dalam   fungsinya   masing-masing   sesuai   dengan   bidang   tugas   yang disepakati. Presiden Direktur harus independen terhadap pemegang saham pengendali.

3.4.   Direksi  berhak  dan  berkewajiban  untuk   :

  1. Melaksanakan  ketentuan   yang   tercantum   dalam   anggaran   dasar bank.
  2. Mengimplementasikan    visi,   misi,    strategi,    sasaran  usaha     serta rencana   jangka   panjang   dan   jangka   pendek   tersebut   pada   butir B.1. di atas.
  3. Menjalankan  prinsip  perbankan  yang  sehat,  termasuk  namun  tidak

terbatas   pada   manajemen   risiko   dan sistem pengendalian  internal

(internal  control  system).

3.5.   Direksi  harus  memiliki  Tata  Tertib  Kerja  yang  mengikat  dan  ditaati oleh semua anggotanya. Dalam Tata Tertib perlu diatur mekanisme pengambilan   keputusan   dan   hak   anggota   bila   mempunyai   pendapat yang    berbeda,    termasuk    haknya    untuk    menyampaikan    pendapat kepada  Dewan  Komisaris  dan  Otoritas  Pengawas  Bank.

3.6.   Direksi   bank   yang   sahamnya   tercatat   di bursa dan   bank-bank   yang besar   harus membentuk komite-komite yang diperlukan dalam rangka pengendalian risiko, sumber daya manusia dan lain-lain seperti Risk   and Capital  Committee dan Personnel  Committee.

Bagi  bank-bank lain disesuaikan dengan kebutuhan.

3.7.   Direksi  Bank wajib memenuhi ketentuan tentang Direktur Kepatuhan atau ketentuan  lain  yang  serupa  yang  dikeluarkan  oleh  Otoritas  Pengawas Bank.

3.8.   Anggota  Direksi  bank  dilarang  memanfaatkan  bank  untuk  kepentingan

pribadi,   keluarga,   perusahaan   atau   kelompok   perusahaannya   dengan semangat   dan   cara   yang   bertentangan   dengan   peraturan   perundang- undangan  dan  kewajaran  di  bidang  perbankan.

3.9.   Dalam   hal anggota   Direksi   memperoleh   fasilitas   dari   bank   di luar remunerasi,   maka   hal   tersebut   harus   diungkapkan   (disclose)   dalam laporan  tahunan.

3.10. Anggota    Direksi    harus  mengungkapkan    kepada   bank,   kepemilikan

sahamnya,  baik  saham  bank  maupun  saham  perusahaan  lain.

3.11. Anggota   Direksi   secara   hukum   bertanggung   jawab   sesuai   dengan ketentuan    Undang-undang    Perseroan    Terbatas    atau   undang-undang yang  berlaku  bagi  pendirian  bank  yang  bersangkutan, Undang-undang Perbankan  dan  Anggaran  Dasar  Bank.

 

  1. C. Auditor dan Komite  Audit

 

Auditor  dan  Komite  Audit  bagi  sebuah  bank  merupakan  organ  penting  dalam rangka  memastikan  terlaksananya  prinsip  check  and  balances.  Oleh  karena  itu, di samping  aturan-aturan  umum  yang  berlaku,  bagi  Auditor  dan  Komite  Audit suatu  bank  perlu  diberlakukan  hal-hal  sebagai  berikut   :

 

  1. Auditor  Internal

 

Bank   harus   membentuk   Satuan   Kerja   Audit   Intern   yang   bertanggung jawab  atas  pelaksanaan  audit  internal.   Sebagai  auditor  internal  suatu  bank, unit  organisasi  tersebut  harus  mampu  melaksanakan  tugasnya  secara independen  dan  mampu  memberikan  saran  perbaikan  kepada  unit  yang  di audit.  Untuk  itu  maka   :

 

1.1.   Kepala   Satuan   Kerja   Audit   Intern   diangkat   oleh   Direksi   dengan persetujuan     Dewan    Komisaris     dan    dilaporkan     kepada    Otoritas Pengawas  Bank.

1.2.   Kapala  Satuan  Kerja  Audit  Intern  bertanggung  jawab  kepada  Presiden

Direktur    namun    mempunyai    hubungan    fungsional    dengan   Dewan

Komisaris  atau  Komite  Audit.

1.3.   Auditor  internal  harus  melakukan   penilaian   terhadap   kecukupan   dan efektivitas    sistem    pengendalian    internal    bank,    melakukan    review terhadap            cara    pengamanan    asset    bank,    menilai    kehematan    dan efisiensi   penggunaan   sumber   daya  serta  menilai   efektivitas   kegiatan operasi, program  yang  dijalankan dan pelaksanaan GCG.

1.4.   Auditor  internal  melaporkan  hasil  audit  dan  pekerjaan  lainnya  kepada Presiden   Direktur   dengan   tembusan   kepada   Dewan   Komisaris   dan atau  Komite  Audit.

1.5.   Secara  berkala  dilakukan penilaian  (assessment) oleh  pihak  ahli  yang

independen    tentang    kompetensi    dan   sistem   audit    internal      yang hasilnya  harus  ditindaklanjuti  oleh  bank.

 

  1. Auditor  Eksternal

 

Auditor    eksternal    merupakan    suatu    profesi    yang    mempunyai    peranan penting    dalam    meningkatkan    keandalan    laporan    keuangan    bank    dan informasi   keuangan   lainnya.   Laporan   keuangan   dan   informasi   keuangan lainnya   yang   diaudit   oleh   auditor   eksternal   merupakan   informasi   yang akan   menjadi   dasar   penilaian   kondisi   bank   oleh   stakeholders.     Dalam hubungan  dengan  auditor  eksternal,  maka  :

 

2.1.   Bank   harus   menunjuk   Kantor   Akuntan   Publik   (KAP)   yang   telah memperoleh  izin  dari Departemen  Keuangan  dan  terdaftar  di  Otoritas Pengawas   Bank   sebagai   auditor   eksternal   untuk   melakukan   audit umum  atas  laporan  keuangannya.   Bank  yang  sahamnya  telah  tercatat di             bursa    dan    bank-bank    yang  besar,  harus  menunjuk    KAP    yang terdaftar  di  Bapepam.

2.2.   Audit   umum   oleh   KAP   dilakukan   untuk   memberikan   pernyataan pendapat  mengenai  kewajaran   laporan  keuangan  bank  sesuai  dengan prinsip  akuntansi  yang  berlaku  umum  di  Indonesia.

2.3.   Penunjukan   KAP   dilakukan   oleh   Rapat   Umum   Pemegang   Saham Bank  dengan  proses  yang  transparan   atas  rekomendasi   dari  Komite Audit  atau  Dewan  Komisaris.

2.4.   Disamping  penunjukan  untuk  melakukan  audit  umum,  secara  berkala

bank  harus  menunjuk  KAP  atau  pihak  ahli  yang  independen   untuk melakukan  penilaian  mengenai  penerapan  GCG  yang  dilakukan  oleh bank.

 

  1. Komite Audit

 

Bank  harus  memastikan  bahwa  fungsi  Komite  Audit     dapat  dilaksanakan dengan  baik.  Bagi  bank  yang  sahamnya  telah  tercatat  di  bursa  dan  bank- bank yang besar, harus memiliki Komite Audit sedangkan untuk bank lain disesuaikan dengan kebutuhan. Hal-hal yang memerlukan perhatian dalam hubungan  dengan  Komite Audit  adalah   :

 

3.1.   Komite  Audit  dibentuk  oleh  Dewan  Komisaris  dan  anggotanya  terdiri dari          Komisaris    serta   pihak   luar   yang   independen    dan   memiliki keahlian,  pengalaman  dan  kwalitas  lain  yang  diperlukan.

3.2.   Komite   Audit   bertugas   sebagai   fasilitator   bagi   Dewan   Komisaris

untuk memastikan  bahwa  :

  1. Struktur   pengendalian   internal   bank   telah   cukup   untuk   menjaga agar  manajemen   siap  menjalankan   praktek  perbankan  yang  sehat sesuai  dengan  prinsip  kehati-hatian.
  2. Pelaksanaan  audit      baik      internal      maupun      eksternal   telah dilaksanakan sesuai  dengan  standar  auditing yang  berlaku.
  3. Tindak     lanjut     temuan     hasil     audit     telah  dilaksanakan     oleh

manajemen  dengan  baik.

3.3.   Komite  Audit  harus  menjalankan  tugasnya  berdasarkan  tata  tertib  dan prosedur operasional baku yang ditentukan bersama dengan Dewan Komisaris.

 

  1. D. Compliance Officer

 

Sebagai   sektor   yang   ”highly   regulated”   dan  perlunya   aturan-aturan   internal yang  cukup  banyak,  kepastian  dipenuhinya  peraturan  perundang-undangan   dan aturan-aturan   internal   (compliance   aspects)   menjadi   sangat   penting.   Dalam hubungan  ini  perlu  diperhatikan  hal-hal  sebagai  berikut  :

 

  1. Bank harus  memastikan  bahwa  semua  aktivitas bank telah dilakukan dengan mematuhi  peraturan  perundang-undangan,   perjanjian  dan  komitmen  dengan otoritas pengawas bank,  serta peraturan  internal yang  berlaku.

 

  1. Bank  harus   mempunyai   alat   (unit   atau   orang)   yang   bertugas   menjaga kepastian  tersebut  pada  butir  1.

  1. Bank  wajib    memenuhi    ketentuan    tentang    Direktur    Kepatuhan    atau ketentuan   lain   yang   serupa   yang   dikeluarkan   oleh   Otoritas   Pengawas Bank.

 

  1. E. Sekretaris Perusahaan

 

Kelancaran   komunikasi   antara   bank   dengan   stakeholders  merupakan   faktor yang   sangat   penting   dalam   pelaksanaan   GCG.   Fungsi   komunikasi   adalah merupakan  salah  satu  fungsi  penting  dari  Sekretaris  Perusahaan  yang penerapannya   perlu   disesuaikan   dengan   kebutuhan   masing-masing   bank.   Di bawah  ini  dikemukakan  hal-hal  penting  yang  perlu  mendapat  perhatian  dalam kaitan  dengan  pelaksanaan  fungsi  Sekretaris  Perusahaan.

 

  1. Bank   harus   memastikan  terlaksananya  fungsi Sekretaris  Perusahaan  sebagai penghubung  antara  bank  dan  stakeholders.

 

  1. Bank yang sahamnya   telah   tercatat   di  bursa   atau   bank-bank   yang   besar, harus   memiliki   Sekretaris   Perusahaan yang dijabat oleh salah satu Direktur atau pejabat lain yang ditunjuk,  sedangkan  untuk  bank-bank  lain  disesuaikan dengan  kebutuhan.

 

  1. Sekretaris    Perusahaan    atau    pejabat    yang    berfungsi    sebagai    Sekretaris

Perusahaan  harus  mampu  :

3.1.   Memberikan    pelayanan  kepada stakeholders  atas setiap informasi  yang dibutuhkan                      berkaitan    dengan    kondisi    bank    dan    untuk  itu  harus memiliki  akses terhadap informasi  berkaitan dengan bank  yang  relevan.

3.2. Mengingatkan  Direksi  bank  tentang  tanggung  jawabnya  untuk melaksanakan GCG.

 

  1. Sekretaris   Perusahaan   bertanggung    jawab   kepada   Direksi   dan   laporan pelaksanaan tugasnya disampaikan pula kepada Dewan Komisaris.

 

  1. Dewan Pengawas Syariah (DPS)

 

Khusus   bagi   bank   yang melakukan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah, harus memiliki Dewan  Pengawas  Syariah,  yaitu  badan  independen yang bertugas melakukan pengarahan (directing), pemberian konsultasi (consulting), melakukan efaluasi  (evaluating),  dan pengawasan  (supervising)  kegiatan  bank syariah dalam rangka memastikan bahwa kegiatan usaha bank syariah   tersebut   mematuhi (compliance)   terhadap prinsip syariah sebagaimana   telah   ditentukan oleh fatwa dan syariah islam.  Bagi  DPS  berlaku  hal-hal  sebagai  berikut  :

 

  1. Anggota   DPS   adalah   para   ahli   dibidang fiqih muamalat. Namun demikian anggota  DPS  dapat  pula  termasuk orang yang memiliki keahlian selain fiqih muamalat  tetapi  tetap  harus  memiliki  pengalaman  dibidang    perbankan    dan atau  lembaga  keuangan  syariah.

 

  1. Kegiatan  pengarahan,   konsultasi,   evaluasi, dan  pengawasan   kegiatan usaha bank  syariah  oleh  DPS  dilaksanakan  sekurang-sekuranya  1 (satu) kali  dalam sebulan.

  1. Kegiatan  pengarahan,  evaluasi,  dan pengawasan  kegiatan  usaha  bank  syariah oleh   DPS   sekurang-kurangnya   mencakup   transaksi-transaksi   utama   bank, alokasi bagi hasil antara bank dengan nasabah pemilik dana, sumber-sumber pendapatan bank yang sesuai dengan prinsiip syariah termasuk pendapatan non syariah, serta sumber dan penggunaan dana Zakat, Infak, Shadaqah (ZIS).

 

  1. Managemen   bank syariah wajib memberikan  kesempatan  kepada DPS untuk mengakses seluruh dokumen, data, dan informasi kegiatan usaha bank  termasuk informasi  dari  konsultan  dan  pegawai  bank.

 

  1. Laporan DPS  berisikan  pendapat  kepatuhan  (compliance  opinion)  dan  atau adanya pelanggaran (violations opinion) kegiatan usaha bank dalam pelaksanaan akad, transaksi, alokasi bagi hasil, atau sumber pendapatan atau   sumber   dan penggunaan  dana  ZIS  terhadap  prinsip  syariah.

 

  1. Laporan DPS  harus  ditandatangani  oleh  seluruh  annggota  DPS,  diterbitkan secara   tahunan,   serta   harus   dipublikasikan   bersamaan   dengan   penerbitan Laporan Tahunan bank syariah.

 

 

 

  1. Stakeholders Lainnya.

 

Stakeholders   lainnya  yang  penting  dari  bank  adalah  deposan,  penabung  dan pemegang   giro,   debitur   serta   karyawan.   Antara   bank   dengan   stakeholders tersebut perlu   dijalin   hubungan   bisnis   sesuai   dengan   azas   kesetaraan   dan kewajaran   berdasarkan   ketentuan   yang   berlaku   bagi   masing-masing   pihak. Dalam  rangka  pelaksanaan  GCG  perlu  diperhatikan  hal-hal  tersebut  di  bawah ini  :

 

  1. Bank   menjamin   dapat   dilaksanakannya   hak   dan   kewajiban   stakeholders

sesuai  dengan  ketentuan  yang  berlaku.

 

  1. Stakeholders  berhak  memperoleh  informasi  sesuai  dengan  kebutuhannya.

 

  1. Bank  dan  stakeholders  bekerjasama  untuk  kepentingan  kedua  belah  pihak.

 

  1. Hak dan kewajiban  stakeholders terhadap  bank  dilaksanakan  sesuai  dengan ketentuan  yang  berlaku  bagi  masing-masing  pihak.

 

  1. Stakeholders  berhak   melakukan   monitoring   terhadap   kinerja   bank   sesuai dengan     hak    dan    kewajiban    yang    diatur    dalam    peraturan  perundang- undangan.

 

  1. Kecuali di persyaratkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, bank harus:

6.1.   Merahasiakan informasi yang berkaitan dengan stakeholders.

6.2.   Melindungi  kepentingan   stakeholders.

  1. Selama berlangsung hubungan usaha antara  bank  dengan  stakeholders,   bank harus  memastikan   bahwa     stakeholders   dapat     memenuhi     kewajibannya terhadap bank sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

  1. Kebijakan bank yang berkaitan dengan sumber daya manusia harus menjamin :

8.1.   Tidak  terjadinya   diskriminasi   berdasarkan suku, agama, ras, aliran  dan gender  serta  bebas  dari  tekanan.

8.2.   Perlakuan   yang   adil, jujur dan mendorong  setiap karyawan yang ingin berkembang seluas-luasnya sesuai potensi, kemampuan, pengalaman   dan ketrampilan  masing-masing  karyawan.

8.3.   Terciptanya   lingkungan   kerja   yang kondusif, termasuk kesehatan  dan keselamatan kerja, agar setiap karyawan dapat bekerja secara kreatif   dan produktif.

8.4.   Tersedianya informasi yang transparan dan perlu diketahui oleh karyawan melalui sistem komunikasi yang berjalan baik dan tepat waktu.

8.5.   Kebebasan   berserikat   bagi para karyawan  sesuai peraturan  perundang- undangan  yang  berlaku.

8.6.   Keputusan    investasi    adalah    merupakan  hak  dari  karyawan,  namun investasi   pribadi   di   suatu   perusahaan   dilarang   jika investasi tersebut berpotensi        menimbulkan      benturan      kepentingan      sehingga   dapat mengganggu  pengambilan  keputusan  untuk  kepentingan bank.

8.7.   Bank harus memastikan agar karyawan tidak  menggunakan nama, fasilitas

atau  hubungan  baik  bank  dengan  pihak  eksternal  untuk  kepentingan pribadi.

8.8.   Dalam  melaksanakan  tugasnya,  bank  harus  mempunyai    sistem    untuk

menjaga  agar  setiap karyawan  menjunjung tinggi standar etika dan nilai- nilai perusahaan serta mematuhi kebijakan, peraturan dan prosedur internal yang berlaku di bank.

 

  1. Bank dilarang  terlibat  dalam  kegiatan  politik,  termasuk  memberikan  donasi untuk kepentingan politik diluar peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  1. Best Practices

 

Disamping   mentaati   ketentuan   formal   dalam   peraturan   perundang-undangan   dan ketentuan     dari     Otoritas     Pengawas  Bank,  hendaknya  bank  melaksanakan  pula kebiasaan-kebiasaan   perbankan  yang  sehat  (best  practises). Berhubung  dengan  itu maka  :

 

  1. Setiap bank  harus  memiliki  code  of  conduct  sebagai  pedoman  perilaku  yang wajar,  patut  dan  dapat  dipercaya  dari  seluruh  jajaran  bank.   Code  of  Conduct memuat  sekurang-kurangnya  :

1.1.    Pedoman  tentang  benturan  kepentingan  (conflict  of  interest)

1.2.    Kerahasiaan  yang  harus  dipelihara

1.3.    Hal-hal  yang  tergolong  penyalahgunaan  jabatan

1.4.    Integritas  dan  akurasi  data

1.5.    Pernyataan  tahunan  (annual  disclosure)

1.6.    Sanksi  pelanggaran  dan  ketidakpatuhan

 

  1. Setiap   bank   harus   menetapkan   corporate   value   atau   nilai-nilai   moral   yang harus  dipedomani  oleh  seluruh  aparat  bank.

 

  1. Setiap  bank  harus  membentuk  corporate  culture  sejalan  dengan  visi,  misi  dan

corporate  values  dari  bank  yang  bersangkutan.

 

  1. Setiap   bank   harus   mentaati   kebiasaan   international   yang   berlaku   bagi   bank seperti   Uniform    Customs and  Practices   (UCP)   dan  International Accounting Standard (IAS)   serta   pedoman   corporate   governance   dari   Komite   Nasional Kebijakan  Corporate  Governance.

 

  1. Setiap bank  dan  para  bankir  harus  mentaati  kode  etik  yang  dikeluarkan  oleh asosiasi  dimana  bank  atau  bankir  menjadi  anggotanya.

  1. Peranan  Otoritas  Pengawas  Bank

 

Disamping   memastikan   bahwa   bank   telah   dikelola   dengan   sehat   sesuai   dengan prinsip   kehati-hatian,   dalam   melaksanakan   tugasnya Otoritas Pengawas Bank akan memastikan   bahwa   kaidah-kaidah   GCG dilaksanakan dengan baik oleh bank.   Oleh karena  itu  :

 

  1. Manajemen  bank harus  memastikan  bahwa  prinsip-prinsip  GCG  telah diterapkan dalam  visi,  misi,  struktur  organisasi,  standar  dan  prosedur  serta  kegiatan    usaha bank  oleh  seluruh  jajaran  organisasi  bank.

 

  1. Manajemen   bank  harus  senantiasa  melakukan  koreksi  atas  penyimpangan dan kesalahan  yang  dilakukannya.

 

  1. Dewan   Komisaris   dan   Direksi   harus   mentaati   Tata   Tertib   Kerja   yang telah dibuatnya   serta  memastikan   ditaatinya   code  of  conduct   oleh  seluruh   jajaran organisasi  bank.

 

  1. Pedoman Praktis  Pelaksanaan  GCG

 

Pelaksanaan   GCG   perlu   dilakukan   secara   sistematis   dan   kontinu.   Untuk   itu dibawah  ini  dikemukakan  pedoman  praktis  yang  dapat  dijadikan  acuan  oleh  bank dalam  melaksanakan  GCG.

 

  1. Pelaksanaan  GCG  dapat  dilakukan  melalui  lima  tindakan  yaitu   :

1.1.   Penetapan  visi,  misi  dan  corporate  values

1.2.   Penyusunan  corporate  governance structure

1.3.   Pembentukan  corporate  culture

1.4.   Penetapan  sarana  public  disclosures

1.5.   Penyempurnaan  berbagai  kebijakan  bank  sehingga  memenuhi  prinsip

GCG.

 

  1. Penetapan  visi,   misi   dan   corporate   values   merupakan   langkah   awal   yang harus  dilaksanakan  dalam  penerapan  GCG  oleh  suatu  bank.

 

  1. Corporate  governance structure dapat   ditetapkan   secara   bertahap   dan   terdiri dari  sekurang-kurangnya   :

3.1.   Kebijakan   corporate   goverenance   yang   selain   memuat   visi   dan   misi

bank,   juga   memuat    tekad  untuk    melaksanakan    GCG   dan   pedoman- pedoman   pokok  penerapan   prinsip  GCG  yaitu  Transparrency, Accountability,  Responsibility, Independency dan Fairness.

3.2.    Code  of  Conduct  yang  memuat  pedoman  perilaku  yang  wajar  dan  dapat dipercaya  dari  pimpinan  dan  karyawan  bank.

3.3.   Tata  Tertib  Kerja  Dewan  Komisaris  dan  Tata  Tertib  Kerja  Direksi  yang memuat   hak   dan   kewajiban   serta   akuntabilitas   dari   Dewan   Komisaris dan  Direksi  maupun  para  anggotanya  masing-masing.

3.4.   Organisasi  yang  di dalammya  tercermin  adanya  risk  management,  internal control  dan  compliance.

3.5.   Kebijakan  risk  management,  audit  dan  compliance.

3.6.   Human  resources  policy  yang  jelas  dan  transparan.

3.7.   Corporate  plan  yang  menggambarkan  arah  jangka  panjang  yang  jelas.

 

  1. Pembentukan corporate  culture  untuk  memperlancar  pencapaian  visi  dan  misi serta  implementasi  corporate  governance  structure. Corporate  culture  terbentuk melalui    penetapan  prinsip  dasar  (guiding  principles),  nilai-nilai    (values)    dan norma-norma    (norms)    yang    disepakati    serta    dilaksanakan  secara  konsisten dengan contoh konkrit dari pimpinan bank. Corporate  culture  perlu  di diskusikan secara  berkesinambungan dan  ditunjang  oleh  social  communication.

 

  1. Pembentukan pola dan sarana disclosure sangat diperlukan sebagai bagian dari akuntabilitas bank    kepada    stakeholders.    Sarana    disclosure    dapat    melalui laporan   tahunan   (annual   report), situs   internet (website),   review   pelaksanaan GCG  dan  sarana  lainnya.

VII. Penutup

 

  1. Agar  supaya   perbankan   dapat   melaksanakan   GCG   secara efektif diperlukan lingkungan yang kondusif. Untuk itu maka pihak-pihak yang terkait   dengan perbankan  perlu  memberikan  dukungan,  misalnya  :
  2. Pemerintah dan otoritas terkait mengeluarkan  peraturan perundang-undangan

yang memungkinkan dapat dilaksanakannya GCG secara efektif. b.   Dilaksanakannya  penegakan  hukum  (law  enforcement)

  1. Penerapan standard akuntansi dan standard audit yang mengacu pada standard internasional  oleh  auditor  eksternal.
  2. Peningkatan   peran  dari     asosiasi-asosiasi   perbankan  di  Indonesia  dalam menunjang  dan  mensosialisasikan  prinsip  GCG.

 

  1. Khusus   bagi  bank  yang  melakukan   kegiatan   usahanya   berdasarkan   prinsip syariah   akan   dikeluarkan   pedoman   GCG   tersendiri yang merupakan bagian yang tidak terpisah dari Pedoman GCG Perbankan Indonesia ini.

Dikeluarkan oleh:

 

Komite Nasional Kebijakan Corporate Governance