Assign modules on offcanvas module position to make them visible in the sidebar.

Enterprise Risk Management (ERM) by COSO Framework Approach & Risk Based Audit (RBA)

Enterprise-Risk Management (ERM) berdasarkan kerangka (framework) COSO-Internal Control Integrated Framework versi 2013, merupakan bagian tak terpisahkan dari operasional organisasi sehari-hari. Terdapat kesamaan pendekatan filosofi antara ERM & RBA, yaitu bahwa upaya pencapaian tujuan organisasi dapat memberikan nilai tambah (value added) bagi perusahaan, apabila:

  • Semua risiko yang signifikan dalam pencapaian tujuan organisasi dapat teridentifikasi dengan baik.
  • Semua risiko yang sudah teridentifikasi dapat diukur dengan tepat.
  • Setiap risiko yang signifikan dapat dikelola di dalam suatu risiko yang dapat diterima oleh organisasi yang tertentu.
  • Manajemen operasional dapat merespon setiap risiko dengan tepat dan sesuai kapasitas organisasi.
  • Auditor Internal dapat melakukan audit menggunakan pendekatan berbasis risiko. 

Outline Materi :

Enterprises Risk Management / ERM

  • Enterprise-Risk Management (ERM) : Introduction.
  • Benefit of ERM.
  • ERM by Internal Control COSO Integrated Framework 2013 version.
  • ERM & Internal Control Relationship.
  • Workflow Matrix for ERM Implemantation.
  • ERM Process.
  • Reporting of ERM.
Risk Based Internal Audit / RBIA
  • RBIA: The New Approach for Audit
  • Benefit for RBIA
  • RBIA: Framework
  • RBIA: Mechanism
  • RBIA: Method, Approach & Technique
  • Risk Based Audit Process.
  • Implementing of RBIA
ERM-RBIA Implementation (Case Study)

Pembicara :


images.jpgMuh. Arief Effendi, SE, MSi, Ak QIA, CPMA, CA, ACPA merupakan GCG Expert DPS Consulting yang menempuh pendidikan program Magister Akuntansi (MAKSI), UI (Universitas Indonesia) Jakarta. Beliau berpengalaman menangani berbagai jenis perusahaan sebagai Asesor dan Intenal Audit. ditengah kesibukannya sebagai praktisi dan akademisi, beliau merupakan penulis buku dan banyak karya ilmiah. Beberapa karyanya yang telah dipublikasikan diantaranya; The Power of Good Corporate Governance : Teori dan Implementasi; Corporate Governance, Internal Control & Risk Management; Fraud Risk Assesment (FRA); Forensic Auditing : Pencegahan, Deteksi dan Investigasi; Enterprise Risk Management & Risk Based Auditing (ERM & RBA) Implementation; Forensic Auditing for Fraudulent Financial Reporting; COSO Internal Control Integrated Framework 2013 version; Purcasing / Investigation  dan masih banyak lagi karya yang telah beliau buat.

Daftar Sekarang

Biaya Registrasi

  • Early Bird  Rp 4.000.000 per orang early bird (pendaftaran & pembayaran s.d. 7 hari sebelum pelaksanaaanbelum termasuk pajak
  • Rp 4.500.000 per orang (harga normal) - belum termasuk pajak

Fasilitas 

  • Professional Trainers
  • Handout (hardcopy & softcopy)
  • Training kit
  • 2 times Coffee Break
  • Lunch

Pendaftaran dan Pembayaran:

Formulir pendaftaran dikembalikan maksimum s.d 7 hari sebelum dilaksanakan, apabila peserta yg sudah mendaftar tidak membatalkan 3 hari sebelum acara, tetap dikenakan biaya.

(Pendaftaran ditutup apabila kapasitas telah penuh)

Pembayaran ke:

  • Transfer ke rekening : 124-00-0649063-6 a/n PT Dinamika Pasifik Solusindo Bank Mandiri KCP Wisma Tugu Jakarta (maksimum 14 hari kerja setelah invoice diterima) 
  • Cash In pada hari H **)

Mohon dapat diinformasikan keterangan Perusahaan saat Transfer atau Mohon untuk dapat mengirimkan Bukti Pembayaran

*) Apabila ada perubahan akan kami informasikan kemudian pada surat konfirmasi setelah melakukan pendaftaran

**) Bapak/ Ibu/ Sdra/I telah menyetujui dengan konsekuensi hadir maupun tidak tetap melakukan pembayaran

Informasi lebih lanjut
Sdri Nani Agustin 
Hp/ Whatsapp 0813-2467-2058 dan 0813-2467-2057
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it..id, This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 

Pengendalian Gratifikasi & Manajemen Anti Suap

Korupsi dan suap merupakan salah satu masalah yang dihadapi Indonesia hingga saat ini. Tidak saja terjadi di sektor pemerintahan tapi juga melibatkan kalangan swasta, pelaku bisnis bahkan dunia pendidikan. Salah satu tindakan pemerintah menghadapi masalah tersebut adalah dengan dikeluarkannya Intruksi Presiden No.10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017. Intruksi ini ditunjukan kepada seluruh kementrian dan lembaga pemerintah pusat dan kepada pemerintah daerah untuk melakukan aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi, dari berbagai aspek sesuai karakteristik tupoksi instansi masing-masing.

ISO sebagai sebuah standarisasi internasional menilai bahwa suap adalah salah satu masalah di dunia yang paling merusak dan kompleks dan selalu saja muncul meskipun upaya nasional dan internasional untuk memerangi hal ini sudah ada. Untuk itu pada tanggal 14 Oktober 2016, ISO secara resmi menerbitkan ISO 37001:2016 Anti:Bribery Management System (ABMS) atau Standar Internasional Sistem Manajemen Anti Suap.


Outline Materi :

Hari 1

  • Penerapan ISO 37001 Sistem Manajemen Anti Suap.
  • Bedah Standar ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan.
  • EMembangun Integritas Bisnis (ISO 37001 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (Anti-Bribery Management System)

Hari 2

  • Strategy Anti Fraud.
  • Parameter Penilaian Efektivitas Program Anti-Fraud.
  • Pemantauan dan Tindak Lanjut atas Mekanisme Anti Fraud.
  • Temuan Fraud dan Perlindungan Whistle-blower.



Pembicara :

  1. Bapak Waluyo (Anggota KNKG)
  2. Bapak Randy Rizki (ACFE Indonesia)



Biaya Registrasi

  • Early Bird Rp 4.000.000 per orang early bird (pendaftaran & pembayaran s.d. 7 hari sebelum pelaksanaan) - belum termasuk pajak
  • Rp 4.500.000 per orang (harga normal) - belum termasuk pajak



Fasilitas

  • Professional Trainers
  • Handout (hardcopy & softcopy)
  • Training kit
  • 2 times Coffee Break
  • Lunch



Pendaftaran dan Pembayaran:

download formulir Pendaftaran

Apabila peserta yg sudah mendaftar tidak membatalkan 3 hari sebelum acara, tetap dikenakan biaya.
(Pendaftaran ditutup apabila kapasitas telah penuh)



Pembayaran ke:

Transfer ke rekening :

124-00-0649063-6 a/n PT Dinamika Pasifik Solusindo
Bank Mandiri KCP Wisma Tugu Jakarta
(maksimum 14 hari kerja setelah invoice diterima)
Cash In pada hari H **)


Mohon dapat diinformasikan keterangan Perusahaan saat Transfer atau Mohon untuk dapat mengirimkan Bukti Pembayaran
*) Apabila ada perubahan akan kami informasikan kemudian pada surat konfirmasi setelah melakukan pendaftaran
**) Bapak/ Ibu/ Sdra/I telah menyetujui dengan konsekuensi hadir maupun tidak tetap melakukan pembayaran



Informasi lebih lanjut

Sdri Nani Agustin 
Hp/ Whatsapp 0813-2467-2058 dan 0813-2467-2057
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it., This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Optimalisasi Peran Sekdekom dan Sekper dalam Implementasi GCG di Perusahaan


2 Days Public Training

Jadwal Pelaksanaan : 21 - 22 November 2024 l Eastparc Hotel Yogyakarta


Dalam rangka memastikan penerapan Good Corporate Governance (GCG) yang efektif, peran Sekretaris Perusahaan (Sekper) dan Sekretaris Dewan Komisaris (Sekdekom) sangatlah penting. Keduanya memiliki tanggung jawab spesifik untuk memastikan bahwa nilai-nilai GCG diterapkan secara konsisten dan transparan di perusahaan. Tugas dan tanggung jawab serta fungsi Sekdekom dan Sekper telah diatur dalam Peraturan Menteri BUMN No. PER-12/MBU/2012 tentang Organ Pendukung Dewan Komisaris/Dewan Pengawas Badan Usaha Milik Negara, dan PER-2/MBU/03/2023 tentang Pedoman Tata Kelola dan Kegiatan Korporasi Signifikan Badan Usaha Milik Negara, Pasal 30.

Sekper berperan sebagai penghubung yang efektif antara Direksi dan Dewan Komisaris, mendorong komunikasi yang transparan dan menyusun laporan tahunan yang jelas serta mencerminkan nilai-nilai perusahaan. Sementara itu, Sekdekom menjalankan tugas strategis dengan mengawasi kinerja Direksi dan memastikan bahwa semua keputusan mempertimbangkan kepentingan pemangku kepentingan. Dengan kolaborasi ini, keduanya membangun fondasi tata kelola yang kuat untuk mendukung pertumbuhan berkelanjutan perusahaan.

Untuk mengoptimalkan peran Sekper dan Sekdekom, perusahaan perlu memastikan tata kelola tidak hanya berjalan sesuai dengan peraturan, tetapi juga mampu beradaptasi dengan dinamika lingkungan bisnis yang terus berubah. Dalam Public Training ini perusahaan akan mendapatkan insight untuk peningkatan peran Sekdekom dan Sekper dalam Tata Kelola Perusahaan.

Outline Materi :

Hari Pertama

  • Peran dan Fungsi Sekdekom dalam Penerapan GCG di Perusahaan
  • Analisis Gap dan Strategi Membangun Optimalisasi Peran Sekdekom dalam Penerapan GCG di Perusahaan
  • Evaluasi Tindak Lanjut Peran Sekdekom dalam Memperkuat Penerapan GCG

Hari Kedua

  • Kriteria Sekretaris Perusahaan dan Standar Professional Sekretaris Perusahaan Berdasarkan Peraturan OJK Nomor 35/POJK.04/2014
  • Peran dan Fungsi Corporate Secretary dalam Implementasi GCG
  • Analisis Gap dan Strategi Membangun Optimalisasi Peran Sekper dalam Penerapan GCG di Perusahaan
  • Evaluasi Tindak Lanjut Peran Sekper dalam Memperkuat Penerapan GCG



Trainier :

Sudarmono, M.Ak, CA, CPA, QIA, CACP, CRMP, CGOP
Governance, Risk and Compliance Expert DPS Consulting

Wahjudi, S.H., M.M, GRCP, GRCA, IRMP
Governance, Risk and Compliance Expert DPS Consulting yang juga merupakan Direktur Utama DPS


Fasilitas :

  1. Professional Trainer
  2. Sertifikat 
  3. Soft File Materi
  4. Training Kit
  5. 2x Coffee Break + 1x Lunch

Biaya Registrasi

  • Rp 5.000.000 /peserta - belum termasuk PPN 11%


Pendaftaran dan Pembayaran

Silakan klik link dibawah ini:

Register Now! 

Jika sudah mendaftarkan diri, mohon untuk bisa konfirmasi ke WhatsApp :

085953869004 - Nani Agustin


Materi Pelatihan lainnya : Cek di Jadwal Pelatihan DPS Consulting 2024

 

Peran Sekretaris Perusahaan dalam Peningkatan Tata Kelola Perusahaan


Jadwal Pelaksanaan : 9-10 Juli 2020 (Jakarta) | 13-14 Agustus 2020 (Bandung) | 05-06 November 2020 (Jakarta)

Sekretaris perusahaan memiliki tugas dan wewenang  seperti mengikuti perkembangan, memberikan masukan kepada Direksi dan Dewan Komisaris, membantu dalam pelaksanaan tata kelola perusahaan dan sebagai penghubung antara pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya. Untuk fungsi Sekper (berdasarkan PER-01/MBU/2011, pada pasal 29 ayat (4) yaitu :

1. Memastikan bahwa BUMN mematuhi peraturan tentang persyaratan keterbukaan sejalan dengan penerapan prinsip-prinsip GCG
2. Memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Direksi dan Dewan Komisaris/ Dewan Pengawas secara berkala dan atau sewaktu-waktu apabila diminta;
3. Sebagai penghubung (liaison officer); dan
4. Menatausahakan serta menyimpan dokumen perusahaan, termasuk tetapi tidak terbatas pada daftar pemegang saham, daftar khusus dan risalah rapat Direksi, rapat Dewan Komisaris dan RUPS

Sekper merupakan posisi strategis dan menentukan bagi terwujudnya tata kelola perusahaan, oleh karenanya Sekper dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas dan dapat menjalankan peran mereka sebagai seorang yang dapat mencitrakan perusahaannya agar memiliki value yang baik di mata masyarakat dan pemangku kepentingan yang menjalin hubungan dengan perusahaan.

Dalam workshop ini perusahaan akan mendapatkan insight untuk peningkatkan peran sekper dalam Tata Kelola Perusahaan



Outline Materi :

  • Standar Professional Sekretaris Perusahaan berdasarkan Peraturan OJK Nomor 35/POJK.04/2014
  • Meningkatan kecakapan Sekretaris Perusahaan
    • Interpersonal communication skill
    • Public Relations Function
    • Corporate Governance Agent
  • Peran dan Fungsi Corporate Secretary dalam Implementasi GCG

Pembicara :

  1. Yudho Prabowo - GCG Expert
  2. Wahjudi - GCG Expert

Fasilitas :

  1. Professional Trainer
  2. Coffee Break 2 times & Lunch
  3. Modul Soft Copy & Hard Copy
  4. Training Kits
  5. Sertifikat

Biaya Registrasi

  • Special Price untuk Anggota GCG Series, Early Bird dan Group Registration (minimal 3 peserta) 
  • Rp 5.000.000 per orang (harga normal) - belum termasuk pajak


Pendaftaran dan Pembayaran

Formulir pendaftaran dikembalikan maksimum 5 hari sebelum pelaksanaan, apabila peserta yg sudah mendaftar tidak membatalkan 3 hari sebelum acara, tetap dikenakan biaya.

(Pendaftaran ditutup apabila kapasitas telah penuh)

Pembayaran ke:

  • Transfer ke rekening : 124-00-0649063-6 a/n PT Dinamika Pasifik Solusindo Bank Mandiri KCP Wisma Tugu Jakarta (maksimum 14 hari kerja setelah invoice diterima) 
  • Cash In pada hari H **)

Mohon dapat diinformasikan keterangan Perusahaan saat Transfer atau Mohon untuk dapat mengirimkan Bukti Pembayaran

*) Apabila ada perubahan akan kami informasikan kemudian pada surat konfirmasi setelah melakukan pendaftaran

**) Bapak/ Ibu/ Sdra/I telah menyetujui dengan konsekuensi hadir maupun tidak tetap melakukan pembayaran

 


Materi Pelatihan yang berkaitan : Good Corporate Governance Self Assessment 

Penyusunan Annual Report & Sustainability Report


2 Days Public Training

Jadwal Pelaksanaan : 24 - 25 April 2025 | Hotel di Bandung*

Laporan Tahunan atau Annual Report (AR) adalah laporan yang berisi informasi tentang perkembangan dan pencapaian perusahaan dalam satu tahun. Sedangkan Laporan Keberlanjutan atau Sustainability Report (SR) adalah dokumen yang berisi informasi tentang kinerja perusahaan dalam aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi. Pembuatan Annual Report diatur dalam POJK Nomor 29/POJK.04/2016 yang berisi tentang Laporan Tahunan Emiten atau Perusahaan Publik. 

Kedua laporan ini memiliki peran yang sangat penting dalam mencerminkan keberhasilan dan akuntabilitas perusahaan. Keduanya merupakan bentuk komunikasi strategis kepada para pemangku kepentingan seperti pemegang saham, karyawan, mitra bisnis, pemerintah, dan masyarakat. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan komprehensif kepada peserta dalam menyusun Laporan Tahunan dan Laporan Keberlanjutan yang sesuai dengan standar dan regulasi yang berlaku.

Outline Materi :

Hari Pertama

  • GCG Framework dalam Penyusunan Laporan Kinerja (Annual Report atau AR)
  • Mengupas Standar Penyusunan AR
  • Penyusunan AR

Hari Kedua

  • Pendekatan Environmental, Social & Governance (ESG) dalam Penyusunan Sustainability Report (SR)
  • Mengupas Standar Penyusunan SR
  • Penyusunan SR



Trainier :

Iqbal Lhutfi, S.E., M.Ak., CSRS, CSRA, CSP, CRMP, CFP
Evironmental Social and Governance Expert DPS Consulting


Fasilitas :

  1. Professional Trainer
  2. Sertifikat 
  3. Soft File Materi
  4. Training Kit
  5. 2x Coffee Break + 1x Lunch

Biaya Registrasi

  • Rp 5.000.000 /peserta - belum termasuk PPN 11%


Pendaftaran dan Pembayaran

Silakan klik link dibawah ini:

Register Now! 

Jika sudah mendaftarkan diri, mohon untuk bisa konfirmasi ke WhatsApp :

085953869004 - Nani Agustin


Materi Pelatihan lainnya : Cek di Jadwal Pelatihan DPS Consulting 2024